Kamis, 06 Februari 2025

Testing Method & Desain System (Mapel PPL - XI RPL 2)

1. Testing Method (Metode Pengujian)

Metode pengujian digunakan untuk memastikan sistem/aplikasi bekerja dengan benar sebelum digunakan oleh pengguna.

a. Blackbox Testing (Pengujian Kotak Hitam)

Pengertian:

  • Menguji sistem berdasarkan input dan output tanpa melihat bagaimana proses di dalamnya bekerja.
  • Fokus pada fungsi yang terlihat oleh pengguna.

Fungsi:

  • Memastikan fitur berjalan sesuai harapan.
  • Menguji apakah sistem merespons input dengan benar.

Contoh Sederhana:

  • Memasukkan username dan password → jika benar bisa login, jika salah muncul pesan error.
  • Menekan tombol "Kirim Pesan" → melihat apakah pesan benar-benar terkirim.

b. Whitebox Testing (Pengujian Kotak Putih)

Pengertian:

  • Menguji sistem dengan melihat kode program di dalamnya.
  • Fokus pada cara kerja sistem dan logika program.

Fungsi:

  • Menganalisis kode untuk menemukan bug atau kesalahan logika.
  • Memastikan sistem berjalan efisien dan aman.

Contoh Sederhana:

  • Memeriksa apakah ada kesalahan perhitungan di dalam kode.
  • Menguji apakah ada celah keamanan dalam proses login pengguna.

2. Desain Sistem

Desain sistem digunakan untuk menggambarkan bagaimana sistem bekerja sebelum dibuat.

a. UML (Use Case Diagram)

Pengertian:

  • Diagram yang menunjukkan siapa saja yang menggunakan sistem dan apa saja yang bisa mereka lakukan.

Fungsi:

  • Memudahkan tim memahami fitur sistem.
  • Menjelaskan hubungan antara pengguna dan sistem.

Contoh Sederhana:

  • Dalam aplikasi belanja online, "Pelanggan" bisa "Mencari Produk", "Menambahkan ke Keranjang", dan "Membayar".

b. DFD (Data Flow Diagram)

Pengertian:

  • Diagram yang menggambarkan bagaimana data bergerak di dalam sistem.

Fungsi:

  • Menunjukkan bagaimana informasi diproses dan mengalir dari satu bagian ke bagian lain.
  • Berguna untuk merancang database atau sistem pemrosesan data.

Contoh Sederhana:

  • Dalam sistem pemesanan makanan online, data dari "Pelanggan" dikirim ke "Restoran" lalu diteruskan ke "Kurir" untuk pengiriman.

Kesimpulan sederhana

  • Blackbox Testing → Menguji sistem tanpa melihat kode (seperti pengguna).
  • Whitebox Testing → Menguji sistem dengan melihat kode program.
  • UML (Use Case Diagram) → Gambaran siapa yang bisa melakukan apa dalam sistem.
  • DFD (Data Flow Diagram) → Gambaran bagaimana data mengalir dalam sistem.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar